Fenomena Gurun Bersalju Bikin Geger, Pertanda Apa?

Fenomena alam langka terjadi di Gurun Sahara di Benua Afrika. Padang pasir berwarna kemerahan di Ain Sefra, sebuah kota kecil di Aljazair, berubah putih karena salju pada 19 Desember siang kemarin.

Peristiwa yang terjadi untuk kedua kalinya sejak 1979 silam itu seolah-olah menegaskan lagu Snow on the Sahara yang dibawakan oleh Anggun, penyanyi berkelas internasional asal Indonesia.

Pemandangan gurun bersalju yang menakjubkan itu berhasil diabadikan dalam foto oleh fotografer amatir Aljazair, Karim Bouchetata.

Salju pertama kali terlihat dalam sejarah Ain Sefra, yang juga dikenal sebagai Gerbang Menuju Gurun Sahara, pada tanggal 18 Februari 1979.

Saat itu salju hanya bertahan setengah jam, setelah itu mencair. Namun kali ini berbeda.

Salju bertahan selama satu hari di kota yang terletak 1.000 meter di atas permukaan laut yang dikelilingi oleh Pegunungan Atlas itu.

” Semua orang tertegun melihat salju turun di atas gurun pasir. Itu adalah kejadian yang sangat langka. Pemandangannya sangat menakjubkan karena salju menempel di atas pasir dan menciptakan objek foto yang bagus,” kata Karim.

” Salju tersebut bertahan selama satu hari sebelum akhirnya meleleh,” tambahnya.

Gurun Sahara menutupi hampir seluruh bagian utara Benua Afrika. Di wilayah tersebut suhu dan temperatur selalu berubah-ubah dalam beberapa ratusan ribu tahun terakhir.

Padang pasir di Sahara merupakan area yang paling panas dan kering di dunia. Menurut perkiraan, wilayah tersebut kemungkinan akan menghijau kembali dalam 15.000 tahun lagi.

Leave a comment

  • App Koko Anak

  • App Rusmita